BINTOYO BERKIBAR, Berakhlak, Kreatif, Inovatif, Bersih, Aman dan Ramah

Artikel

Bersama MMD UB Bersinergi, Membangun Bintoyo Berkibar

25 Juli 2023 18:46:02  MMD UB Bintoyo  267 Kali Dibaca  Berita Desa

Universitas Brawijaya dari tahun ke tahun telah melaksanakan KKN, namun pada pertengahan tahun 2023, Universitas Brawijaya menyelenggarakan sebuah program yang serupa dengan KKN yaitu penyelenggaraan program pengabdian masyarakat yang Bernama Mahasiswa Membangun Desa dengan harapan target sebanyak 1000 Desa di Jawa Timur dan  akan dikunjungi oleh seluruh  mahasiswa. 

 

Salah satu desa tujuan dalam program MMD-1000 UB adalah Desa Bintoyo, yang terletak di Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi dengan jarak kurang lebih 168 KM dari Universitas Brawijaya di Kota Malang. MMD kali ini beranggotakan 9 orang dari masing-masing fakultas yang berbeda. Beranggotakan 2 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Diantaranya dari jurusan Hukum, Pertanian, Sastra Perancis, Perikanan, Arsitektur, Teknik Elektro, Kimia, dan Keperawatan.

Kegiatan MMD di Desa Bintoyo dimulai pada tanggal 2 Juli s.d 3 Agustus 2023. Program kerja yang direncanakan tentunya dengan melakukan pemaparan dan koordinasi dengan pihak perangkat desa. Hal ini, dilakukan untuk melihat permasalahan dan kebutuhan, supaya nantinya program kerja yang dilakukan dapat membawa manfaat untuk warga desa. 

Program kerja yang sudah dilaksanakan, sebagai berikut : 

  1. Sarapan Sehat Bersama Anak SD
  2. Pemanfaatan Kebun Sekolah
  3. Games Jajanan Sehat
  4. Pengembangan Lanskap dan Fasilitas Desa
  5. Pemberdayaan Bisnis dengan Digital Branding dan Digital Marketing pada UMKM Binaan Desa
  6. Working With Society : Pemberdayaan Berbasis Kearifan Lokal dalam Rangka Pembangunan Desa
  7. Menanam Pohon
  8. Penyuluhan Hukum Tentang Sertifikasi Halal Produk UMKM
  9. Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER)

Selain program kerja yang dilakukan, beberapa kegiatan yang dilakukan adalah Bersih Desa, Tirakatan HUT Kabupaten Ngawi ke-665, Kerja Bakti, Kelas Ibu Hamil, Sosialisasi Pencegahan Stunting, Program Kerja PKK, Pengobatan Gratis, Posyandu PMT Ibu Hamil, Lansia, Remaja, dan menjadi bagian dari panitia pengajian KH. Anwar Zahid bersama Karang Taruna. 

Dalam menyukseskan program kerja, tentunya dilakukan pendekatan kepada warga desa untuk memberikan kesan yang baik dan dapat memberikan dukungan dalam menjalankan program kerja. Semoga dengan terselesaikannya program kerja yang sudah dilakukan dapat memberikan kesan dan manfaat bagi warga Desa Bintoyo. Mahasiswa juga dapat menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dengan menerapkan apa yang telah dipelajari selama perkuliahan sehingga dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki selama perkuliahan di dunia nyata.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Pemerintah Desa

 Media Sosial

 Arsip Artikel

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Pandowo No. 15
Desa : Bintoyo
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon : 085855875645
Email : pemdesabintoyo@gmail.com