BINTOYO BERKIBAR, Berakhlak, Kreatif, Inovatif, Bersih, Aman dan Ramah

Artikel

Masyarakat Desa Bintoyo Tetap Lestarikan Tradisi Sadranan Jum'at Kliwon

03 Mei 2024 13:44:51  Devi Mayang S  85 Kali Dibaca 

Bintoyo, 3 Mei 2024 - Warga Desa Bintoyo melaksanakan tradisi Sadaranan Bersih Desa pada hari Jumat Kliwon, 3 Mei 2024. Acara ini diadakan di Makam Pencol setelah sholat Jumat. 

Tradisi Sadaranan Bersih Desa merupakan salah satu ritual adat yang masih dilestarikan oleh masyarakat Desa Bintoyo. Tujuannya adalah untuk  memohon doa keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh warga desa.

Warga desa membawa ambengan masing masing, lalu dilanjutkan dengan doa bersama yang dipandu oleh Bapak Kadam. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan silaturahmi antar warga.

Tradisi Sadaranan Bersih Desa ini merupakan wujud rasa syukur dan penghormatan masyarakat terhadap leluhur mereka. Selain itu, acara ini juga menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan dan gotong royong antar warga.

Bapak Kadam, tokoh agama setempat, mengatakan bahwa tradisi Sadaranan Bersih Desa memiliki nilai-nilai luhur yang harus dilestarikan. "Tradisi ini bukan hanya tentang membersihkan desa, tetapi juga tentang membersihkan hati dan pikiran kita dari hal-hal yang negatif," ujarnya.

Beliau menambahkan bahwa Sadaranan Bersih Desa juga menjadi momen untuk memohon doa keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh warga desa. "Semoga desa kita selalu diberkahi oleh Allah SWT dan terhindar dari segala bencana," harapnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Agenda

 Pemerintah Desa

 Media Sosial

 Arsip Artikel

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Pandowo No. 15
Desa : Bintoyo
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon : 085855875645
Email : pemdesabintoyo@gmail.com